Abu Sinabung Menyebar ke Medan

Kompas.com - 24/11/2013, 11:32 WIB
AFP PHOTO / KHARISMA TARIGAN Warga berjalan di bawah hujan abu letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut, 17 September 2013. Gunung Sinabung meletus lagi pukul 12.03. Status gunung masih Siaga III.

MEDAN, KOMPAS.com - Abu vulkanik letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, menyebar hingga Kota Medan pada Sabtu (24/11/2013) malam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara Asren Nasution seperti dikutip Antara Minggu (24/11/2014), mengatakan, abu tersebut dibawa angin ke ibu kota provinsi. Menurutnya, abu itu belum membahayakan kesehatan warga.

Kondisi serupa juga pernah dirasakan warga Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh yang menerima abu vulkanik Gunung Sinabung akibat tiupan angin menuju daerah itu.

"Terkadang, Kota Kabanjahe yang dekat dengan Sinabung tidak terkena, tetapi Kota Brastagi yang lokasinya lebih jauh yang kena akibat pengaruh tiupan angin itu," katanya.

Asren mengimbau warga Kota Medan dan sekitarnya tidak panik. "Jangan panik, tetap tenang. Ini hanya fenomena alam," kata mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Utara itu.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorSandro Gatra
SumberAntara

Close Ads X