Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspedisi Takabonerate Akan Kembali Digelar

Kompas.com - 18/11/2013, 23:09 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com - Acara pariwisata tahunan, Takabonerate Island Expedition yang memamerkan keindahan bawah laut akan kembali digelar. Tahun ini, kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Hari Jadi Ke-408 Kepulauan Selayar yang yang jatuh pada 29 November 2013.

Takabonerate Island Expedition 2013 akan dilangsungkan mulai 23 hingga 29 November mendatang. Hanya saja, rombongan tidak mengunjungi pulau Takabonerate. Mereka hanya melakukan diving di Pantai Timur Kepulauan Selayar. Dari 125 orang wisatawan, 6 orang di antaranya merupakan warga asing.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel, Jufri Rahman mengungkapkan, kegiatan ini merupakan kali ke-5 digelar dengan tujuan mengevaluasi pergelaran Takabonerate Exebition sebelumnya.

"Kami berharap, dengan event ini dapat memicu pemerintah untuk terus berpartisipasi dalam meningkatkan ikon pariwisata di Sulawesi Selatan," katanya dalam konfrensi pers di kantornya, Senin (18/11/2013).

Dengan menelan anggaran sekitar Rp 400 juta, Takabonerate Island Expedition V akan dikolaborasikan dengan hari jadi Kabupaten Selayar yang diawali dengan underwater expedition pada hari pertama, dan di hari terakhir pameran kuliner Sulsel di kota Benteng, Selayar.

"Puncak acara pada 29, namun Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo datang di tanggal 28. Nantinya, pak Syahrul melepas Tuki atau anak penyu dan bibit ikan kerapu. Selain itu, untuk menambah kemeriahan Takabonerate Island Expedition 2013 akan dilakukan atraksi jetsky serta alat olahraga air lainnya," paparnya.

Untuk itu, seluruh peserta yang turut serta akan difasilitasi bus dan destinasi kunjungan serta pembinaan khusus sebelum keberangkatan seputar seminar Takabonerate Island Expedition 2013.

"Bagi wisatawan yang ingin ke Pulau Takabonerate, tetap akan disiapkan transportasi khusus. Tapi dengan biaya masing-masing. Saat ini, pembangunan landasan udara dan pelabuhan di Pulau Takabonerate masih dilakukan. Tapi saya tidak tahu kapan selesainya. Jadi nantinya, wisatawan yang hendak berwisata di tempat itu akan lebih mudah," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com