Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Disduknaker Batam Terbakar Diduga Akibat Petir

Kompas.com - 14/11/2013, 11:46 WIB

BATAM, KOMPAS.com - Kawasan perkantoran Sei Harapan Kampung Gelap, RT03 RW01, Kelurahan Sei Harapan sekitar puku 04.55 WIB, Kamis (14/11/2013) mendadak ramai. Hal ini terjadi setelah salah satu kantor pemerintahan, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam dilahap si jago merah.

Belum diketahui secara pasti sumber api tersebut, namun pantauan Tribun di lapangan dari insiden ini, kantor yang memiliki bangunan hingga dua lantai ini, terlihat hangus di bagian seluruh lantai duanya.

Iman Haryanto, penjaga malam Kantor Disnaker Kota Batam mengaku tidak tahu pasti penyebab kebakaran gedung tersebut. Namun sepengetahuan dirinya, api membakar gedung seusai ada sambaran petir yang terjadi sekitar pukul 04.55 WIB subuh tadi.

"Api muncul usai sambaran petir yang mengenai lantai dua, dan saat itulah api berkobar dari lantai dua tersebut dan seketika itu menghanguskan lantai dua," katanya.

Melihat api mulai muncul, sambung Iman, saat itu juga dirinya menghubungi pemadam kebakaran dan selajutnya baru melapor ke pimpinan.

Beruntung saat kejadian juga terjadi hujan, sehingga yang dilahap api hanya lantai dua, sementara lantai 1 terlihat dalam kondisi yang aman.

Ditambah lagi enam unit mobil pemadam kebarakan baik dari Pemadam Kebakaran Pemkot Batam maupun BP Kawasan, membuat si jago merah tidak menjalar hingga ke lantai 1 gedung Disnaker Kota Batam.

Api sendiri berhasil dipadamkan sekitar pukul 06.10 WIB. Terlihat juga di lapangan Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, Kepala Disnaker Kota Batam Zaref Riadi, Kapolda Kepri Brigjen Pol Endjang Sudrajat, Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Ponco Indrio serta Kapolsek Sekupang Kompol robertus Heri.

Kadisnaker Kota Batam, Zaref Riadi menyebutkan apa yang dilakukan pemadam kebakran Pemkot Batam sangat baik, bahkan kinerja mereka terbilang cepat dalam upaya memadamkan api.

"Sesuai dengan imbauan pak Wali, hari ini kami tetap melakukan kegiatan mengingat lantai bawah belum terbakar semua," kata Zaref.

Namun jika tidak memungkinkan, sambung Zaref pihaknya akan numpang ke dinas yang dekat sesuai arahan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan.

"Ya, setidaknya kami lakukan observasi di dalam untuk menyelamatkan apa yang masih bisa diselamatkan," ungkapnya.

Adapun yang terbakar, di antaranya ruang pengawasan, ruang satker dan ruang pelatihan. "Dokumen-dokumen perselisihan tenaga kerja dipastikan hangus semua karena berada di lantai dua," ujarnya.

Mengenai sumber Api, Zaref mengaku belum bisa memastikannya. "Secepatnya kami buat laporan kepolisi biar diketahui sumber api sebenarnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com