Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tradisi 10 Muharam, Ibu-ibu di Parepare Borong Gayung

Kompas.com - 14/11/2013, 09:34 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis


PAREPARE, KOMPAS.com — Tanggal 10 Muharam yang bertepatan pada Kamis 14 November 2013, pagi ini, tiga pasar tradisional di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, seperti Pasar Lakessi, Pasar Sumpang, dan Pasar Labukkan, diserbu ibu-ibu.

Umumnya mereka membeli alat dapur, terutama gayung. Tradisi tahunan membeli peralatan dapur di Kota Parepare ini sudah berlangsung sejak dahulu. Kebanyakan dilakukan oleh kaum Islam Bugis, Makassar. Peralatan dapur yang baru dibeli oleh kaum ibu dipercaya bisa menambah rezeki.

"Kita umumnya membeli gayung. Gayung ini dipercaya bisa menambah rezeki, seperti gayung yang bisa menimba banyak air dari sumur," jelas Ima, salah seorang ibu rumah tangga yang ditemui di Pasar Lakessi, Kota Parepare, Kamis (14/11/2013).

Karena diyakini bisa menambah rezeki, ibu-ibu membeli gayung lebih dari satu buah. Tradisi tahunan ini pun membuat pedagang alat dapur di Kota Parepare kebanjiran rezeki.

"Sejak subuh tadi saya buka, dagangan saya sudah banyak yang laku. Gayung saya siapkan 200 buah, hingga pukul 09.00 ini, sisa 30 gayung," jelas Amir, pedagang alat dapur Pasar Sumpang, Kota Parepare.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com