Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soekarwo Dan Khofifah Masuk Bursa Cawapres Golkar

Kompas.com - 10/11/2013, 00:32 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jatim Soekarwo dan mantan Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansah masuk dalam bursa calon wakil presiden pendamping Aburizal Bakrie dalam pemilu 2014 mendatang.

Kedua nama yang pada Agustus lalu bersaing ketat dalam pigum Jawa Timur itu, kata Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar, Ridwan Hisjam, di internal Partai Golkar memang mengemuka karena memang dianggap layak oleh kader Partai Golkar.

''Khofifah punya massa yang riil dan loyal, sementara Soekarwo terkenal sebagai birokrat handal yang sudah dua kali menang Pilgub Jatim,'' katanya, Sabtu (9/11/2013) malam.

Nama keduanya bersanding dengan sejumlah tokoh nasional yang juga masuk bursa cawapres Partai Golkar seperti, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, mantan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso, dan Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Sayangnya nama-nama tersebut tidak dibahas dalam agenda Rapimnas Partai Golkar di Jakarta pada 21-23 November mendatang. ''Nama cawapres akan dibahas di forum khusus usai pemilu legislatif, pada April tahun depan, sekaligus mengukur kekuatan partai dari hasil pemilu legislatif,'' ujarnya.

Soekarwo yang menjabat Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, dan Khofifah sebagai Ketua Umum Muslimat NU bersaing ketat dalam Pilgub Jatim 2008 dan 2013. Dalam dua kali pemilihan tersebut Khofifah kalah dengan selisih perolehan suara yang sangat tipis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com