Polisi Yogya Amankan 207 Sepeda Motor Hasil Curian

Kompas.com - 08/11/2013, 15:13 WIB
Para tersangka bersama barang bukti curian saat berada di Mapolda DIY KOMPAS.com/wijaya kusumaPara tersangka bersama barang bukti curian saat berada di Mapolda DIY
|
EditorKistyarini

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Polda DI Yogyakarta dan jajarannya mengamankan ratusan sepeda motor dari 22 tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang terjaring dalam Operasi Curanmor 2013.

"Dari tangan para tersangka yang telah tertangkap, kita berhasil mengamankan 207 kendaraan roda dua dan lima kendaraan roda empat," ujar Kepala Polda DIY Brigjen Polisi Haka Astana, Jumat (8/11/2013).

Haka mengungkapkan, menurut pengakuan para pelaku curanmor itu, mereka menjual kendaraan hasil curian di dalam dan di luar wilayah DIY, seperti Magelang dan Klaten. Per unit kendaraan biasanya dihargai Rp 2 juta. "Bahkan ada yang dijual Rp 3,5 juta. Tergantung jenis kendaraannya," paparnya.

Dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang mencapai 196 kasus curanmor, jumlah ini lebih menurun, yakni 146 kasus. Meskipun demikian, Polda DIY akan terus melakukan upaya untuk menekan angka kasus curanmor serendah mungkin.


"(Kasus pencurian) tertinggi masih di Sleman, Kota Yogya, Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo. Sekarang para pelaku sudah mulai sering merambah Kulonprogo," kata Haka.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda DIY Kombes Kris Erlangga mengatakan, warga yang merasa kehilangan kendaraan bermotor bisa segera menghubungi kepolisian terdekat dengan membawa surat-surat lengkap.

Namun, kendaraan itu tidak bisa langsung diambil karena masih menjadi barang bukti kasus kejahatan. "Kita minta para pemilik bisa bersabar menunggu proses hukum persidangan selesai," kata Kris.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X