Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Batubara Terbalik di Mahakam, 4 ABK Hilang

Kompas.com - 07/11/2013, 18:36 WIB
Kontributor Samarinda, Yovanda Noni

Penulis


SAMARINDA, KOMPAS.com – Sebuah kapal pengangkut batubara dilaporkan terbalik di perairan Sungai Mahakam, tepatnya di Kecamatan Kembang Janggut, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (6/11/2013).

Informasi yang dihimpun Kompas.com dari Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, kapal tersebut ditarik oleh sebuah tug boat yang belum diketahui namanya saat menyusuri sungai dari kawasan Gunung Sari Kukar menuju Samarinda. Sekira pukul 17.00 Wita, ponton tersebut terbalik.

Kepala BPBD Kaltim, Wahyu Widi Heranata mengatakan pihaknya belum mengetahui pasti kronologi peristiwa itu. Pihaknya masih mengumpulkan informasi dari petugas di lapangan yang melakukan penyelamatan dan pencarian. Tim yang diturunkan saat ini berasal dari BPBD Kukar.

“Kami mendapat informasi terbaliknya kapal baru tadi pagi. Dilaporkan ada delapan anak buah kapal (ABK) yang berada di atas kapal. Tiga diantaranya berhasil selamat, dan lima orang lainnya dilaporkan hilang,” kata Wahyu, Kamis (7/11/2013).

Wahyu menambahkan , sekira pukul 17.00 Wita tadi, BPBD Kaltim mendapat laporan lagi jika ada satu orang ditemukan dalam kondisi tewas. Sehingga petugas pencarian masih fokus mencari empat korban lainnya.

“Sejauh ini kami belum mendapat laporan kronologis kejadian yang pasti. Untuk kelanjutannya, BPBD Kukar membentuk tim untuk pencarian korban hilang dan kami masih menunggu laporan kronologis kejadian yang sebenarnya,” tutup Wahyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com