Surat Suara Pilkada Garut Putaran II Mulai Didistribusikan

Kompas.com - 05/11/2013, 16:21 WIB
Anggota KPUD Garut menunjukkan Banner berisi foto pasangan calon bupati Garut yang akan maju pada Pilkada putaran kedua , Minggu (17/11/2013) mendatang.  KOMPAS.com / Syahrul MunirAnggota KPUD Garut menunjukkan Banner berisi foto pasangan calon bupati Garut yang akan maju pada Pilkada putaran kedua , Minggu (17/11/2013) mendatang.
|
EditorFarid Assifa

GARUT, KOMPAS.com — Pemilihan Kepala Daerah Garut, Jawa Barat, putaran kedua akan digelar pada 17 November 2013. KPUD setempat mulai mendistribusikan logistik Pilkada ke 42 kecamatan dengan pengawalan ketat petugas kepolisian.

Ketua KPU Garut Aja Rowikarim mengatakan, jumlah surat suara yang didistribusikan sebanyak 1,8 juta lembar, berikut ribuan kotak suara. Pendistribusian sengaja dilakukan jauh-jauh hari guna meminimalisasi kendala geografis di wilayah Garut selatan yang terdiri dari pegunungan dan hutan.

"Mulai hari ini dengan pengawalan 999 polisi kami mulai distribusikan logistik pilkada. Ada 1,8 juta surat suara yang kami kirim ke 42 PPK. Kalau jauh hari kita kirim, kita bisa minimalkan hambatan terkait logistik, khususnya di Garut selatan," kata Aja, Selasa (5/11/203) siang.

Sebelum didistribusikan, jelas Aja, petugas sudah melakukan penyortiran surat suara agar tidak terjadi kekeliruan. "Logistik yang keluar dari gudang sudah kita sortir, Insya Allah sudah pas dan benar susuai jumlah TPS dan DPT," katanya.


Ia menambahkan, Pilkada Garut putaran kedua akan diikuti dua pasang calon, yakni calon nomor urut 5 Agus Hamdani-Abdul Syakur dan calon nomor urut 8 Rudy Gunawan-Helmi Budiman. Sedangkan jumlah pemilih masih mengacu pada DPT Pilkada putaran pertama, yakni 1.760.130 jiwa meski telah dilakukan pemutakhiran untuk DPT Pemilu 2014.

Diinformasikan, pelaksanaan Pilkada Garut putaran kedua yang tinggal hitungan hari ini sempat dibayang-bayangi ancaman pengunduran diri dari 4 anggota komisioner KPU Garut. Pasalnya, keempatnya gagal lolos seleksi calon anggota KPU Garut periode 2013-2018.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X