Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Suara Pilkada Garut Putaran II Mulai Didistribusikan

Kompas.com - 05/11/2013, 16:21 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis


GARUT, KOMPAS.com — Pemilihan Kepala Daerah Garut, Jawa Barat, putaran kedua akan digelar pada 17 November 2013. KPUD setempat mulai mendistribusikan logistik Pilkada ke 42 kecamatan dengan pengawalan ketat petugas kepolisian.

Ketua KPU Garut Aja Rowikarim mengatakan, jumlah surat suara yang didistribusikan sebanyak 1,8 juta lembar, berikut ribuan kotak suara. Pendistribusian sengaja dilakukan jauh-jauh hari guna meminimalisasi kendala geografis di wilayah Garut selatan yang terdiri dari pegunungan dan hutan.

"Mulai hari ini dengan pengawalan 999 polisi kami mulai distribusikan logistik pilkada. Ada 1,8 juta surat suara yang kami kirim ke 42 PPK. Kalau jauh hari kita kirim, kita bisa minimalkan hambatan terkait logistik, khususnya di Garut selatan," kata Aja, Selasa (5/11/203) siang.

Sebelum didistribusikan, jelas Aja, petugas sudah melakukan penyortiran surat suara agar tidak terjadi kekeliruan. "Logistik yang keluar dari gudang sudah kita sortir, Insya Allah sudah pas dan benar susuai jumlah TPS dan DPT," katanya.

Ia menambahkan, Pilkada Garut putaran kedua akan diikuti dua pasang calon, yakni calon nomor urut 5 Agus Hamdani-Abdul Syakur dan calon nomor urut 8 Rudy Gunawan-Helmi Budiman. Sedangkan jumlah pemilih masih mengacu pada DPT Pilkada putaran pertama, yakni 1.760.130 jiwa meski telah dilakukan pemutakhiran untuk DPT Pemilu 2014.

Diinformasikan, pelaksanaan Pilkada Garut putaran kedua yang tinggal hitungan hari ini sempat dibayang-bayangi ancaman pengunduran diri dari 4 anggota komisioner KPU Garut. Pasalnya, keempatnya gagal lolos seleksi calon anggota KPU Garut periode 2013-2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com