Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Sabar Menunggu, Penjemput Jemaah Haji Dobrak Pintu Stadion

Kompas.com - 04/11/2013, 17:05 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


MAJENE, KOMPAS.com — Penjemputan jemaah haji di Stadion Parasamya, Majene, Sulawesi Barat, Senin (4/11/2013), berlangsung kacau. Ratusan keluarga jemaah haji yang menunggu sejak pagi tidak sabar dan nekat menerobos pintu masuk stadion serta barikade pengamanan tim gabungan polisi, Satpol PP, dan aparat TNI.

Petugas keamanan hanya memperbolehkan perwakilan keluarga untuk menjemput jemaah haji masuk ke dalam stadion. Pihak keamanan beralasan jemaah haji merasa lelah karena baru tiba dari perjalanan jauh sehingga tidak semua anggota keluarga perlu masuk ke stadion.

Namun, warga menolak aturan itu sehingga mereka nekat mendobrak pintu masuk stadion yang awalnya hanya dibuka seluas badan orang dewasa dan dijaga aparat keamanan. Setelah pintu jebol, ratusan penjemput menyerbu dan berdesakan masuk ke dalam stadion. Ada beberapa orang yang terjatuh akibat berdesakan.

Seorang penjemput, Rini, menceritakan, keluarga dilarang masuk ke stadion sementara di luar tidak ada tempat berteduh. Padahal saat itu sinar matahari cukup terik.  “Warga yang tak sabar ingin bertemu keluarganya terpaksa nekat mendobrak pintu ramai-ramai dan menyerbu masuk,” ujar Rini.

Para penjemput juga menyerbu bus-bus yang membawa jemaah haji. Meskipun dilarang naik bus, banyak penjemput yang tidak peduli dan memaksa masuk bus untuk menemui keluarga mereka yang baru tiba dari Tanah Suci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com