Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melawan Saat Razia BBM, Warga Belu Ditembak Polisi

Kompas.com - 01/11/2013, 18:19 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis


KEFAMENANU, KOMPAS.com
 — Yosef Meko (20), warga Sesekoe, Kelurahan Atambua Barat, Kecamatan Lidak, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, ditembak oleh anggota Polsek Atapupu, lantaran melawan saat hendak ditahan oleh polisi yang menggelar razia bahan bakar minyak (BBM).

Kepala Polres Belu AKBP Daniel Yudo Ruhoro saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (1/11/2013), mengatakan bahwa penembakan yang dilakukan anggotanya itu sudah sesuai dengan prosedur karena yang dilakukan oleh Yosef membahayakan anggota dan pengguna jalan lainnya.

"Memang tadi pagi saat anggota menggelar razia di depan Polsek Atapupu, muncul dari arah atas rombongan kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi sambil membawa BBM. Saat dimintai anggota untuk mengurangi kecepatan, justru mereka tambah kecepatan sehingga nyaris menabrak salah seorang anggota sehingga anggota kemudian memberikan tembakan peringatan," papar Daniel.

"Tembakan peringatan yang dilakukan anggota itu tidak dihiraukan sehingga anggota kemudian langsung menembak ke arah motor. Kebetulan saat itu anggota menembak ke arah jeriken yang berisi BBM yang dipangku oleh Yosef sehingga sempat mengenai paha sebelah kiri Yosef," sambung Daniel.

Saat terkena tembakan, Daniel melanjutkan, Yosef tidak langsung jatuh, tetapi masih sempat melajukan kendaraan hingga akhirnya terjatuh 500 meter dari tempat penembakan. Dengan dibantu warga, Yosef pun dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Atambua untuk menjalani perawatan medis.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, hingga berita ini ditayangkan, korban belum sadarkan diri. Sejumlah kerabat yang ditemui enggan untuk berkomentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com