Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menipis Juga, Stok Buku Nikah di Banyuwangi

Kompas.com - 31/10/2013, 06:20 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Persedian surat nikah atau kutipan akta nikah di sejumlah kantor urusan agama (KUA) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menipis. Untuk mengantisipasi kekosongan stok buku nikah itu, KUA di wilayah tersebut saling berkoordinasi.

"Seharusnya jumlah surat nikah harus lebih 10 persen dari kebutuhan," kata Kasie Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi Muhamad Jali kepada Kompas.com Rabu (30/10/2013). Dia mengatakan, di Banyuwangi ada 16.000 sampai 17.000 pasangan menikah selama satu tahun.

Dengan data itu, Jali mengatakan, stok buku nikah di Banyuwangi semestinya mencapai 19.000 per tahun. Namun saat ini, sebut dia, tinggal tersedia sekitar 2.000 buku nikah di seluruh Banyuwangi dengan 8.000 pernikahan yang telah terdata per September 2013.

"Dua ribu surat nikah itu pun sisa dari tahun kemarin," kata Jali. Dia menyebutkan stok buku nikah yang sudah menipis antara lain terjadi di Kecamatan Sempu. Solusi yang diambil KUA itu adalah "meminjam" stok buku nikah dari KUA yang berdekatan.

Kekurangan stok itu, kata Jali, sudah dilaporkan ke Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Pengajuan tambahan stok juga sudah dilakukan. "Minggu ini diharapkan sudah datang. Kami mengajukan 8.000 surat nikah," ujar dia.

Jali berharap permintaan stok buku nikah tersebut dipenuhi seluruhnya meskipun dia menyadari kebutuhan buku nikah juga ada di semua wilayah. Sementara itu, beberapa kota di Jawa Timur diketahui memiliki kebutuhan buku nikah yang cukup tinggi, antara lain Surabaya, Jember, Malang kota, dan Jombang.

Solusi "pinjam" stok, lanjut Jali, juga terjadi di tingkat kabupaten ketika sebuah kabupaten kehabisan stok buku nikah. Bila pasokan buku nikah sudah tiba, "pinjaman" itu pun dikembalikan dari kiriman buku nikah yang baru datang. "Tiga bulan yang lalu Bondowoso sempat meminjam surat nikah 500 pasang ke Banyuwangi," ujar dia memberikan contoh kejadian.

Masalah kekurangan stok buku nikah tak hanya melanda Banyuwangi ataupun Jawa Timur. Beberapa waktu lalu dikabarkan pula kekurangan stok buku nikah telah terjadi di Subang, Jawa Barat. Bahkan di wilayah tersebut pasangan yang baru menikah hanya mendapatkan semacam surat keterangan menikah sampai ada kiriman baru buku nikah ke KUA setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com