Pria Ini Dipenjara karena Setubuhi Anak Sendiri

Kompas.com - 29/10/2013, 23:15 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
|
EditorFarid Assifa

NUNUKAN, KOMPAS.com
 — Sp (37), warga Kecamatan Seimenggaris, Kabupaten Nunukan, mendekam di tahanan Polsek Semenggaris. Dia dilaporkan tetangga karena ketahuan menyetubuhi anak sendiri yang berusia 12 tahun.

Kepada aparat hukum, Sp mengaku perbuatan asusila terhadap putrinya sudah dilakukan dua kali. “Kejadiannya sudah dua kali. Dan ketahuannya karena ada tetangga yang melihat pada waktu main 'kuda-kudaan' (tindakan asusila)," ujar Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Nunukan, Sutriono, Selasa (29/10/2013).

Sp yang berprofesi sebagai petani ini sebenarnya memiliki 4 anak, tiga di antaranya dititipkan ke keluarga Sp di kota Palu. Satu anak lagi dirawat Sp sendiri. Pelaku berbuat tak senonoh terhadap putrinya sejak awal September 2013.

“Faktor penyebab kejadiannya kita kurang tahu. Dia punya istri, anaknya sudah tidak sekolah lagi. Sebenarnya anaknya empat, tapi ketiga anaknya dititipkan di Palu. Ini yang tinggal bersamanya anaknya yang keempat. Prosesnya sekarang baru pemberkasan, baru diteliti kejaksaan," jelas Sutriono.


Akibat perbuatannya, Sp diancam hukuman 15 tahun penjara. Pelaku akan dijerat pasal 81 Ayat 1 dan Ayat 2 Undang-Undang No 23 tahun 2003 tentang perlindungan anak.

"Ancamannya 15 tahun maksimal dan minimal 3 tahun. Kita meneliti berkasnya, tetapi masih banyak yang kurang berkasnya. Menurut jaksa kurang dan harus dipenuhi, makanya kita pulangkan ke penyidik," kata Sutriono.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X