Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Kuat Berenang, Mahasiswa Medan Tenggelam di Danau Toba

Kompas.com - 27/10/2013, 23:43 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

PARAPAT, KOMPAS.com — Fadlan Batubara (23), warga Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, tewas tenggelam di perairan Danau Toba, Minggu (27/10/2013).

Pria mahasiswa Universitas Alwasliyah Medan ini tenggelam setelah mencoba melompat ke danau dari kapal motor yang ditumpangi bersama rombongan mahasiswa lainnya.

Kepala Polres Samosir AKBP Andre Setiawan menyebutkan, kejadian bermula saat kapal penumpang pariwisata KM Tunas Indah membawa 46 orang mahasiswa berangkat dari Parapat, Kabupaten Simalungun menuju Tomok, Kabupaten Samosir.

Saat akan tiba di dermaga Tomok, sekitar 150 meter dari garis pantai Tomok, korban Fadlan mengajak dua orang temannya, Restu Habisi Lubis dan Alipkan, untuk berenang sampai ke dermaga Tomok. "Setelah berenang beberapa meter ternyata korban tidak sanggup berenang, lalu kemudian tenggelam," jelas Andre.

Sedangkan dua teman korban berhasil diselamatkan dengan ban pelampung. Upaya pencarian korban baru akan dilakukan tim SAR Medan pada Senin (29/10/2013). 

"Kita baru akan turun besok pagi (Senin) untuk melakukan pencarian korban tenggelam," kata Adi Pandawa, personel Tim SAR Medan yang sudah berada di Parapat, Minggu (27/10/2013) malam.

Menurut Adi, pihaknya sementara masih melakukan koordinasi dengan Polsek Parapat, meski belakangan diketahui posisi korban masuk di wilayah Polres Samosir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com