Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kandidat PDIP Unggul Sementara di Pilbup Magelang

Kompas.com - 27/10/2013, 19:18 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com - Pasangan Zainal Arifin-Zainal Arifin unggul sementara dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Magelang, Minggu (27/10/2013).

Berdasarkan hasil penghitungan cepat KPU Kabupaten Magelang, pukul 16.43 WIB, kandidat yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memperoleh suara 34,45 persen, dari 71,51 persen suara yang masuk.

Disusul pasangan Rohadi Pratoto-Achadi yang diusung PKB, PKS dan Golkar sebanyak 32,37 persen. Pasangan Susilo-Mujadin MM (PAN & PPP) menempati posisi ketiga dengan perolehan suara 14,49 persen.

Pasangan yang didukung partai Gerindra dan PKNU, M. Arwan-Haiban, memperoleh suara sebanyak 8,31 persen. Diikuti pasangan dari Partai Demokrat, Hanura, PBB dan PPRN, Majidun-Sad Priyo mendapat suara 6,44 persen.

Di posisi terakhir ditempati pasangan Handoko-Eko Purnomo, dari jalur independen memperoleh suara 3,93 persen.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Ma'mun Rahmatullah mengatakan, perhitungan cepat dilakukan setelah waktu pencoblosan di setiap tempat pemungutan suara (TPS) rampung, atau sekira pukul 13.30 WIB.

"Total ada 2.417 TPS tersebar di wilayah Kabupaten Magelang," kata Ma'mun (27/10/2013). Hasil penghitungan cepat itu, lanjut Ma'mun, dapat disaksikan di tiap Kantor Sekretariat panitia Pemilu Kecamatan (PPK).

Diperkirakan, data sebagian besar TPS sudah bisa terbaca sekitar pukul 21.00 WIB. "Masyarakat juga dapat mengakses perhitungan cepat melalui website resmi kami KPU Kabupaten Magelang," imbuh Ma'mun.

Kendati demikian, Makmun menegaskan bahwa hasil hitung cepat itu hanya sebagai gambaran sementara perolehan dukungan suara bagi keenam pasangan calon. "Untuk hasil akhir, baru akan ditentukan dalam rapat pleno KPU tentang rekapitulasi perolehan suara pilbup pada 2 dan 3 November 2013 mendatang," ujar Ma'mun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com