Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samarinda Jadi Tuan Rumah Jambore Pemuda ASEAN

Kompas.com - 24/10/2013, 20:46 WIB
Kontributor Samarinda, Yovanda Noni

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS – Tahun ini Samarinda menjadi tuan rumah perhelatan Jambore peringatan Hari Sumpah Pemuda tingkat Nasional tanggal 28 Oktober 2013 mendatang. Perhelatan itu dipastikan menarik karena melibatkan ribuan para pemuda dari berbagai Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) se-Indonesia dan negara-negara ASEAN.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Samarinda Makmun AN kepada Kompas.com, Kamis (24/10/2013) mengatakan, Jambore Kepemudaan ini akan diikuti 1.200 peserta yang berasal dari 33 provinsi, 10 negara ASEAN dan 2 negara lain. Rencananya Jambore akan dibuka langsung oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono dan diisi dengan berbagai kegiatan kepemudaan.

Diawali dengan acara temu KNPI se-Indonesia, acara dilanjutkan dengan kegiatan gerakan pemuda peduli lingkungan kota Samarinda. Sedikitnya 500 pemuda dari berbagai OKP se-kota Tepian akan turun ke jalan dan memasukkan sampah ke kantong-kantong plastik, terutama di daerah yang sering tergenang air ketika hujan.

“Ini kegiatan yang besar dan menarik. Dimana semua pemuda akan berkumpul di Samarinda dan melakukan aksi peduli lingkungan. Selama kegiatan, pemuda yang terlibat akan ditanggung biaya transport maupun makan siang oleh Dispora Samarinda,” katanya kepada wartawan, Kamis (24/10/2013).

Bukan hanya itu, untuk memeriahkan peringatannya, Dispora bakal menggelar gerak jalan pemuda dengan total hadiah Rp 16 juta, serta piala Menpora, Gubernur dan Wali Kota. Gerak jalan diikuti 500 peserta yang dibagi menjadi 20 regu.

Sebagai kegiatan puncak, akan digelar Gerakan Merajut Indonesia pada saat acara ramah tamah bersama para peserta dari seluruh Indonesia yang dihadiri Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo.

“Samarinda mendapat kehormatan untuk mengalungi sarung Samarinda kepada satu persatu duta wisata dari 33 provinsi di Indonesia ditambah satu orang dari duta komunitas ASEAN. Saya sangat berharap agar semua kegiatan yang disebutkan tadi bisa berlangsung sukses dan lancar, untuk itu dukungan dari warga Samarinda sangat dibutuhkan di sini, mengingat kehormatan menjadi tuan rumah merupakan kebanggaan tersendiri bagi kita semua,” terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com