Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Jemaah Haji Asal Bojonegoro "Suspect" Virus Corona

Kompas.com - 24/10/2013, 13:02 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Seorang anggota jemaah haji kloter tujuh embarkasi Surabaya asal Bojonegoro, Tasmi'an Bib Rasiman Saru, diduga terinfeksi virus corona (suspect). Oleh karena itu, Tasmi'an langsung dibawa ke RSU dr Soetomo Surabaya, begitu sampai di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Rabu (23/10/2013) kemarin sekitar pukul 21.00 WIB.

Menurut perwakilan Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Fathul Arif, suhu tubuh yang bersangkutan terindikasi cukup tinggi saat melalui alat deteksi yang dipasang di pintu masuk gedung Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

''Lampu merah langsung menyala saat yang bersangkutan melintasi alat deteksi. Itu pertanda bahwa suhu tubuhnya cukup tinggi,'' katanya dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (24/10/2013).

Sebelumnya, kata dia, ada pula dua anggota jemaah kloter lima dan tiga yang yang diduga terindikasi. Namun, suhunya tidak begitu tinggi. ''Karena suhunya tidak begitu tinggi, maka langsung diatasi oleh tim kesehatan, dan ternyata hanya flu biasa,'' tambah Arif.

Pemerintah sejak semula sudah mengantisipasi bahaya virus corona yang banyak menyebar di Timur Tengah, menjangkiti jemaah haji asal Indonesia. Bahkan semua anggota jemaah dibekali sejumlah masker khusus yang memiliki kerapatan 0,1 mikro sehingga tidak memungkinkan bagi virus yang belum ditemukan penangkalnya itu menjangkiti jemaah haji Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com