Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Mewah Rental Habis Dipesan Tamu "Royal Wedding"

Kompas.com - 22/10/2013, 19:44 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pengusaha persewaan kendaraan di Yogyakarta ikut meraup berkah atas pernikahan puteri Keraton Yogyakarta GKR Hayu dengan KPH Notonegoro. Hampir semua mobil mewah di rental-rental mobil di Yogyakarta habis disewa tamu yang akan menghadiri Pawiwahan Ageng (pernikahan agung) tersebut.

Ketua Asosiasi Pengusaha Persewaan Kendaraan Yogyakarta, Nanang Tri Widyatmoko mengatakan, hingga Rabu (23/10/2013), semua mobil mewah yang disewakan rental habis dipesan.

"Semua mobil mewah seperti Toyota All New Camry dan Toyota Alphard habis dipesan. Susah sekarang kalau mau sewa mobil mewah di Yogyakarta untuk tiga hari ini," ucap Nanang dihubungi Tribun Jogja, Senin (21/10/2013).

Menurut Nanang, mobil-mobil mewah disewa untuk para tamu undangan pernikahan puteri Raja Keraton Kasultanan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. "Kebanyakan dari pemerintahan dan kedubes," terang Nanang.

Meski permintaan meningkat, pengusaha persewaan kendaraan di Yogyakarta tak menaikkan tarif. Tarif sewa mobil murah dipatok sama dengan hari normal. Nanang mencontohkan, tarif sewa All New Camry per hari rata-rata Rp 1,5 juta. "Kalau Alphard sewa per harinya antara Rp 3 juta-Rp 3,5 juta," ucapnya.

Nanang mengatakan pernikahan Puteri Keraton memang selalu membawa berkah bagi pengusaha persewaan kendaraan di Yogyakarta. "Dulu waktu nikahan Jeng Reni mobil mewah juga habis disewa," ucapnya.

Meningkatnya permintaan sewa mobil mewah juga kata Nanang sempat naik saat Presiden SBY berkunjung ke Yogyakarta akhir pekan kemarin. "Mulai pekan kemarin juga sudah banyak yang menyewa mobil mewah," ucapnya.

Naik 10 Persen

Prosesi Pawiwahan Ageng Kraton Yogyakarta menurut Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) Deddy Pranowo Eryono, diprediksi mendongkrak kunjungan wisatawan ke Yogyakarta hingga 10 persen dibanding hari normal.

Menurut Deddy, prosesi pernikahan yang sarat adat dan budaya ini dipastikan bakal jadi daya tarik pariwisata Yogyakarta. Kata dia selain wisatawan domestik, wisatawan asing dari beberapa negara dipastikan akan banyak yang datang dan menyaksikan secara langsung.

"Paling banyak peminatnya biasanya wisatawan Belanda, mungkin karena ada hubungan historis. Selain itu, kata Deddy, BP2KY juga sudah mempromosikan event tersebut ke Thailand, Malaysia, Singapura dan event tourism promotion organizer (TPO) di Korea Selatan. (evn)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com