Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5,6 SR Kejutkan Warga Banda Aceh

Kompas.com - 22/10/2013, 13:30 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan 5,6 SR kembali mengguncang Aceh dan dirasakan kuat oleh masyarakat Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, Selasa (22/10/2013).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa Aceh itu berpusat di 5,29 Lintang Utara dan 95,42 Bujur Timur. Arah barat daya Kabupaten Aceh Besar.

Saat gempa terjadi, sebagian warga masih melaksanakan ibadah shalat dzuhur dan istirahat makan siang. Mariani (37), warga Banda Aceh, mengaku sangat terkejut saat gempa mengguncang.

“Saya sedang berada di sebuah warung makan, dan sangat terkejut langsung kami berlarian keluar ruangan,” ujarnya dengan kondisi masih terkejut.

Mariani pun terlihat langsung menelepon anggota keluarga mereka untuk mengecek keberadaan sang anak yang masih berada di sekolah.

Keterkejutan juga diakui Aris, seorang pekerja swasta. Menurut Aris, saat gempa berlangsung ia sedang makan siang di sebuah rumah makan. Örang yang sedang makan langsung berlarian keluar, bahkan ada seseorang laki-laki tiba-tiba berteriak air naik, yang mengejutkan orang di sekitarnya.

"Lalu sang lelaki itu pun dibentak dan dipukul oleh warga, tapi pukulan itu tidak kuat hanya untuk menyadarkan dia saja,” jelas Aris.

Gempa siang hari ini memang dirasakan kuat oleh warga kota Banda Aceh. Kendati tidak ada laporan kerusakan, warga masih mengalami ketakutan karena masih trauma gempa-gempa kuat yang sebelumnya terjadi di daerah ini.

Gempa itu berpusat di 16 kilometer barat daya Kabupaten Aceh Besar dengan kedalaman 10 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com