Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Datangi Huntap Korban Merapi, Warga Tunggu Sejak Pagi

Kompas.com - 18/10/2013, 16:04 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengunjungi Hunian Tetap (Huntap) korban erupsi Merapi 2010 di Pagerjurang, Kepuharjo, Cangkringan Sleman, Jumat (17/10/2013).

Kedatangan Presiden untuk melihat langsung perkembangan pembangunan hunian pascaerupsi Merapi. Kunjungan ke Huntap Pager Jurang ini merupakan agenda kedua selama berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sebelumnya, Kamis (17/10/2013) Presiden bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono memimpin Peringatan Puncak Acara Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 30 di Stadion Mandala Krida Yogyakarta.

Tepat pukul 09.00 Wib, Presiden didampingi Gubernur DIY Sri Sultan HB X serta Permaisuri GKR Hemas, Bupati Sleman Sri Purnomo dan Kepala BNPB Syamsul Maarif tiba di Huntap Pagerjurang, Kepuharjo, Cangkringan Sleman.

Ratusan masyarakat yang tinggal Huntap Pagerjurang, Kepuharjo, Cangkringan Sleman, beserta ratusan pelajar baik dari Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menegah Pertama (SMP) yang sudah sejak pagi pukul 07.00 Wib menunggu kedatangan Presiden.

Usai menyapa ratusan warga yang berjajar di sepanjang jalan, Presiden beserta rombongan lantas mengelar dialog dengan pemerintah desa dan perwakilan warga korban erupsi di Aula huntap Pagerjurang.

"Alhamdulilah, saya akhirnya bisa kembali bersilahturahmi dengan warga yang ada disini," tutur Presiden.

Presiden mengaku, kedatanganya kali ini ke Huntap Pagerjurang, Kepuharjo, Cangkringan Sleman untuk melihat hasil pembangunan tempat tinggal, prasarana dan keadaan masyarakat setelah beberapa tahun lalu terjadi musibah erupsi Merapi.

"Saya berterima kasih dan memberikan penghargaan atas upaya dari semua pihak dalam melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi untuk masyarakat korban erupsi," ujarnya.

Presiden dan Ibu Negara juga menyempatkan diri untuk melihat hasil produksi warga antara lain batik, tas rajut, salak pondoh, keripik, dan kopi merapi. Selain itu rombongan juga mengunjungi rumah hunian tetap milik seorang warga di Pagerjurang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com