Soekarwo Perintahkan Pembatalan Pabrik Baja di Trowulan

Kompas.com - 18/10/2013, 15:22 WIB
Gubernur Jawa Timur, Soekarwo usai melantik Wali Kota-Wakil Wali Kota Malang Malang M Anton-Sutiaji, di di gedung DPRD Kota Malang, Jumat (13/7/2013). KOMPAS.com/Yatimul AinunGubernur Jawa Timur, Soekarwo usai melantik Wali Kota-Wakil Wali Kota Malang Malang M Anton-Sutiaji, di di gedung DPRD Kota Malang, Jumat (13/7/2013).
|
EditorGlori K. Wadrianto
SURABAYA, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, meminta Bupati Mojokerto untuk membatalkan rencana pembangunan pabrik baja oleh PT Manunggal Sentral Baja, di wilayah cagar budaya situs Majapahit di Kecamatan Trowulan Mojokerto.

Bahkan, Bupati Mojokerto harus mencabut kembali izin prinsip yang telah dikeluarkan kepada PT Manunggal Sentral Baja. "Atas dasar prinsip lebih mengutamakan kepentingan umum dan negara, maka pembatalan itu boleh dilakukan," katanya kepada wartawan, Jumat (18/10/2013) di Surabaya.

Menurut Soekarwo, yang terpenting adalah bagaimana rencana pembangunan itu dibatalkan, sementara terkait tanggungan perdata, akan dibicarakan lebih lanjut dengan Pemkab Mojokerto dan Pemprov Jatim.

Pemerintah pusat maupun Pemprov Jatim sangat berkepentingan untuk menjadikan Trowulan sebagai taman cagar budaya situs Majapahit.

Seperti diberitakan, saat ini gencar disuarakan gerakan "Save Trowulan" atau aksi penyelamatan situs Majapahit dari upaya industrialisasi, menyusul akan dibangunnya pabrik baja oleh PT Manunggal Sentral Baja.

Meski sudah mengantongi izin prinsip dari Bupati Mojokerto, rencana pembangunan pabrik baja itu terus mendapatkan penolakan dari kelompok masyarakat karena dinilai mengancam situs Majapahit.

Kawasan situs Majapahit yang diyakini masih banyak menyimpan peninggalan dan pusaka purbakala, saat ini juga dinilai tidak steril, selain banyak pabrik pembuatan batu bata skala kecil maupun besar, di lokasi tersebut semua orang bebas mendirikan bangunan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X