Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Nelayan Terdampar, Nasib Awak Tak Diketahui

Kompas.com - 10/10/2013, 11:36 WIB

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com — Sebuah kapal nelayan KM Akau Jaya Sembilan terdampar di Pantai Toro Udan, Kanigoro, Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, setelah diterjang ombak besar, Kamis (10/10/2013) pagi sekitar pukul 07.00. Nasib awak kapal belum diketahui.

Bangkai kapal yang berukuran panjang sekitar 40 meter tersebut rusak berat akibat menghantam karang. Bagian lambung kapal terlihat bocor. Sementara beberapa muatan kapal terbawa ombak ke pinggiran laut.

Petugas SAR sampai saat ini masih mencari awak kapal. Bersama warga, petugas SAR masih menunggu di lokasi terdamparnya kapal.

Menurut salah seorang warga, Jumiyo (34), kapal diketahui terseret ombak sekitar pukul 07.00 WIB. Sebelum menabrak karang, kapal sempat menurunkan jangkar di tengah laut. Namun, tiba-tiba ada ombak besar yang menyebabkan rantai jangkar terputus.

"Jangkarnya putus dan kapal langsung terseret ombak. Mesin kapal masih hidup, tapi tidak kuat," ucapnya.

Jumlah awak kapal KM Akau Jaya Sembilan yang terempas ombak besar di Pantai Toro Udan, Saptosari, masih belum diketahui pasti. Namun, diperkirakan jumlahnya mencapai belasan orang.

Jumiyo mengatakan, saat jangkar kapal terputus, belasan awak kapal sudah memakai rompi pelampung. Seluruh awak kapal melompat dari atas kapal.

"Ada sekitar 12 orang. Yang satu orang terlihat terbawa arus ke arah barat," ucap Jumiyo saat ditemui di lokasi terdamparnya kapal.

Dia menjelaskan, warga yang melihat kapal terdampar tidak berani untuk melakukan evakuasi karena ombak cukup besar. "Warga langsung melapor petugas SAR yang ada di Pantai Ngobaran," ucapnya.

Sampai saat ini, pencarian korban masih terus dilakukan oleh warga dan petugas SAR. Sementara bangkai kapal masih dibiarkan di pinggir karang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com