Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari, Pelajar Siantar Dua Kali Tawuran

Kompas.com - 09/10/2013, 19:30 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Puluhan pelajar SMU di Pematangsiantar, Sumatera Utara terlibat tawuran, Rabu (9/10/2013). Para pelajar bahkan melakukan aksi tawuran dua kali dalam sehari di lokasi berbeda.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, aksi tawuran pertama terjadi sekitar pukul 13.00 di Jalan Sutomo, Pematangsiantar, tepatnya di areal SMA Negeri 4. Tawuran tersebut melibatkan pelajar SMA Persiapan, SMK GKPS dan SMA Negeri 4 Pematangsiantar.

Setelah dibubar paksa oleh aparat kepolisian dan beberapa pegawai Dinas Pendidikan Pematangsiantar, situasi sempat aman. Sedikitnya, dalam pembubaran itu, 30 orang pelajar yang masih mengenakan seragam sekolah diamankan ke kantor Dinas Pendidikan untuk diberi arahan sembari menunggu dijemput orangtua masing-masing.

Namun, di sela-sela pengarahan di kantor Dinas Pendidikan, sekira pukul 15.00, tawuran kembali terjadi di Jalan Merdeka. Dalam peristiwa itu, para pelajar terlibat saling lempar batu. Alhasil pengguna jalan dan warga sekitar yang berjualan tak luput dari sasaran pelemparan batu.

Aksi itu kembali dibubarkan setelah personel kepolisian langsung datang ke lokasi. Para pelajar yang terlibat tawuran melarikan diri.

Tawuran dipicu oleh saling maki para siswa melalui jejaring sosial. Hal itu diakui Andri (17), salah seorang pelajar yang turut diamankan. Remaja asal Kecamatan Siantar Barat itu mengaku hanya ikut-ikutan atas ajakan temannya yang mengatakan bahwa sekolah mereka dihina. "Dibilang kawan kalau sekolah kami sekolah buangan, Bang. Ya kami tidak terimalah. Mentang-mentang sekolah orang itu negeri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com