Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda DIY Siapkan Skenario Pengamanan "Royal Wedding"

Kompas.com - 09/10/2013, 18:58 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menyusun rencana pengamanan acara pernikahan putri Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu Hayu dengan Kanjeng Pangeran Haryo Notonegoro yang akan digelar pada 21- 23 Oktober 2013.

Pengamanan royal wedding Keraton Yogyakarta itu melibatkan personel baik dari polda maupun polres setempat. "Menjelang acara royal wedding, Polda DIY dan jajaran instansi terkait melaksanakan pengamanan dengan mengedepankan (tindakan) preventif, yang salah satunya melalui giat intelijen," tegas Kabid Humas Polda DIY AKBP Anny Pudjiastuti, Rabu (9/10/2013).

Namun, Anny tidak secara spesifik mengungkap jumlah personel yang diterjunkan untuk pengamanan acara tersebut. Meskipun demikian, Anny menegaskan, secara kualitas personel Polda DIY dan jajarannya cukup siap dan sigap dalam bertugas.

“Jumlahnya cukup untuk mengamankan jalannya acara. Kita juga melibatkan personel Polresta dan Polres Sleman," ujarnya.

Anny mengungkapkan, pengamanan nantinya akan difokuskan pada obyek-obyek vital yang digunakan untuk acara. Pengamanan juga termasuk di hotel dan bandara. “Setelah ada hasil rapat dengan pihak keluarga Keraton, nanti akan segera kita koordinasikan dengan instansi terkait," ucap Anny.

Polda DIY juga telah menentukan titik-titik pengamanan antara lain Bandara Adi Sucipto, Keraton Yogyakarta, Kepatihan, Gedung Agung, dan Sawit Sari. Termasuk rute-rute yang akan dilewati Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono.

“Untuk geladi bersihnya akan dilakukan pada 19 Oktober 2013 mulai pukul 08.00,” pungkas Anny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com