Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan Hewan Kurban Stres dan Kurang Gizi

Kompas.com - 07/10/2013, 14:25 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


KARANGANYAR, KOMPAS.com - Sepekan menjelang hari raya Idul Adha, yang jatuh pada 15 Oktober 2013, petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, memeriksa lokasi penjualan hewan kurban di Jalan Adisucipto, Karanganyar, Jawa Tengah.

Dari pemeriksaan tersebut, petugas menemukan masih banyak kambing yang sakit mata, stres dan kurang gizi. Kondisi tersebut terjadi disebabkan kandang yang tidak bersih dan debu jalanan yang berlebih karena kondisi kemarau.

"Yang paling utama karena kondisi kebersihan kandang serta debu. Hal tersebut bisa menyebabkan kambing stres dan beleken," kata Muryadi, petugas Dinas Peternakan di Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah kepada Kompas.com, Senin (7/10/2013).

Untuk mengantisipasi penularan ke hewan lainnya, petugas memberikan salep mata dan menyuntikkan vitamin terhadap hewan yang dianggap kurang sehat.

Dalam kesempatan tersebut, petugas juga memeriksa kambing yang belum cukup umur untuk dikurbankan. Petugas memeriksa susunan gigi bagian depan kambing dan menemukan masih banyak hewan yang masih terlalu muda untuk dikurbankan. Dalam kasus ini tidak tindakan khusus yang diambil. Petugas hanya menyarankan untuk tidak menjual kambing yang masih muda.

Sementara itu, petugas juga memeriksa kesehatan sapi di salah satu peternakan sapi di wilayah Tohudan, Karanganyar. Petugas tidak menemukan penyakit antrax pada sapi sapi yang dijual tersebut.

Namun justru saat akan memeriksa sapi jenis limosin dengan bobot ratusan kilo, salah satu petugas hampir diseruduk sapi "raksasa" tersebut. Suasana sedikit panik dan akhirnya petugas akhirnya memeriksa sapi yang lebih jinak.

"Bisa dibayangkan sebetulnya hewan hewan tersebut stres karena perjalanan jauh lalu diturunkan dari truk dan berdebu. Kondisi tersebut menyebabkan hewan kondisinya menurun atau mudah emosi," kata Muryadi.

Sementara itu, harga per ekor kambing ukuran sedang saat ini mencapai Rp 2,5 juta per ekor, dan untuk sapi bisa mencapai Rp 13 juta per ekor. Seorang pedagang kambing, Kusnanto, mengaku tahun ini penjualan hewan kurban menurun dibandingkan tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com