Universitas Timor Batal Jadi Universitas Negeri - Kompas.com

Universitas Timor Batal Jadi Universitas Negeri

Kompas.com - 06/10/2013, 20:21 WIB
KEFAMENANU, KOMPAS.com - Rencana pihak Universitas Timor (Unimor) Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, yang ingin mengalihkan status dari swasta menjadi negeri tidak terealisasi. Rencana ini terganjal maslah belum adanya sertifikat tanah atas bangunan kampus Unimor.

Pembantu Rektor II Unimor, Maximus L Taolin, Minggu (6/10/2013) mengaku, semua persyaratan terkait pengalihan status sudah dilengkapi, termasuk dukungan dari pemerintah daerah TTU.

“Hanya satu syarat terakhir yang belum kita penuhi yakni sertifikat tanah. Dari pihak Kementerian Pendidikan Nasional selalu menanyakan melalui telepon, email maupun saat bertemu langsung di Jakarta, terkait sejauh mana upaya pemerintah daerah dalam hal mempersiapkan lahan yang bersertifikat bagi Unimor,” kata Maximus.

Maximus mengatakan, lahan keseluruhan yang dimiliki oleh pihak Unimor seluas 40 hektar telah dihibahkan oleh pemerintah daerah TTU pada tahun 2000 lalu. “Kita harapkan bantuan dari pemerintah daerah (Pemda) TTU untuk mempercepat proses tukar guling tanah karena itu adalah tanggung jawab pemda TTU," kata Maximus.

Menurut Maximus, Unimor memang sudah layak untuk menjadi negeri dan diprioritaskan oleh Dikti karena posisinya berbatasan langsung dengan Timor Leste. Selain itu banyak juga mahasiswa Unimor yang berasal dari Timor Leste.

“Kalau kita tidak segera tingkatkan pelayanan, perbaikan infrastruktur sarana dan prasarana dan peningkatan sumber daya manusia, maka kuatirnya kita akan ketinggalan karena saat ini di Timor Leste, sudah berdiri satu universitas yang megah sekali sehingga jangan sampai lima sampai 10 tahun mendatang, bukan anak Oekusi (Distrik Timor Leste) yang kuliah di Unimor tetapi malah nanti anak-anak kita yang akan kuliah di Oekusi,” papar Maximus.

Terkait dengan hal itu, Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes mengaku, upaya menjadikan Unimor menjadi universitas negeri adalah programnya bersama wakil bupati TTU.

“Tinggal dua langkah lagi untuk penetapan status Unimor yakni SK Menteri Kehutanan terkait dengan tukar guling tanah kilometer 9 itu dan proses sertifikasi. Karena persyaratannya di departemen pendidikan nasional yakni tanah untuk mendirikan unimor itu harus punya sertifikat karena tanah itu berada dalam kawasan tukar guling. Kita harapkan sebelum tahun 2015 Unimor sudah bisa jadi negeri,” kata Raymundus.


Terkini Lainnya


Close Ads X