Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo: KTT APEC Insya Allah Aman

Kompas.com - 06/10/2013, 04:29 WIB
NUSA DUA, KOMPAS.com - Keamanan Bali dijamin selama penyelenggaran KTT APEC maupun CEO Summit. Demikian penegasan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring dalam pernyataan resmi yang diterima Kompas.com.

"Koordinasi dari pihak keamanan sudah berlapis, dari unsur TNI, Polri maupun intelijen. Baik di darat maupun di perairan, bahkan udara di sekitar lokasi penyelenggaraan APEC di kompleks Nusa Dua Bali", ujar Tifatul saat mengunjungi Media Center APEC, di gedung BNDCC-2 Nusa Dua Bali, Sabtu (5/10/2013) kemarin. 

Tifatul juga mengkonfirmasikan bahwa ledakan granat bekas di Tabanan yang berjarak lebih kurang 70 km dari Nusa Dua, Bali adalah merupakan suatu kecelakaan dan tidak ada indikasi mengacaukan KTT.

"Pihak kepolisian sudah menangani insiden kecelakaan di Tabanan dan saat ini masih dalam penyelidikan. Insya Allah tidak ada kaitannya dengan KTT APEC," tegas Tifatul.

Menkominfo juga meminta pengertian semua pihak, bahwa untuk masuk ke kawasan Nusa Dua Bali, tempat penyelenggaraan APEC, diterapkan prosedur yang ketat. Bahkan untuk akses langsung ke lokasi-lokasi tertentu perlu pass khusus. Kadang harus antri pemeriksaan lebih dari 30 menit.

"Untuk keamanan memang zero tolerance, sistemnya computerize. Kalau tidak ada pass, tidak boleh masuk. Ini untuk keamanan dan kenyamanan semua. Tolong dipahami, agar tamu-tamu delegasi juga merasa nyaman", ungkap Tifatul.

KTT APEC akan dibuka secara resmi oleh Presiden SBY pada Minggu (6/10/2013). Semua kepala negara anggota APEC akan hadir, kecuali Presiden Obama yang diwakili oleh Menlu AS, John Kerry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com