Jambore Seribu Lagu Keroncong Nonstop di Semarang

Kompas.com - 04/10/2013, 20:00 WIB
Penyanyi keroncong kenamaan Waljinah menerima penghargaan Lifetime Achievement dari AMI Awards 2013 di Studio 8 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (2/7/2013) malam. KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAPenyanyi keroncong kenamaan Waljinah menerima penghargaan Lifetime Achievement dari AMI Awards 2013 di Studio 8 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (2/7/2013) malam.
|
EditorKistyarini

SEMARANG, KOMPAS.com —Sebanyak 84 orkes keroncong dari beberapa daerah memeriahkan Jambore 1.000 Lagu Keroncong Indonesia yang diadakan oleh Komando Daerah Militer IV Diponegoro, mulai Jumat (4/10/2013).

Mereka akan memainkan 1.000 lagu keroncong secara nonstop selama 64 jam hingga Minggu (6/10/2013).  

Panglima Kodam IV Diponegoro Mayor Jenderal Sunindyo mengungkapkan, parade itu diadakan sebagai langkah untuk turut mempertahankan budaya bangsa. ”Ini salah satu upaya menjaga ketahanan budaya. Jangan sampai generai penerus kita di masa mendatang tidak mengenal apa itu musik keroncong,” katanya dalam sambutan pembukaan, Jumat. 

Dalam mengadakan jambore yang akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia itu, Kodam IV Diponegoro mengerahkan Komando Distrik Militer (Kodim) dari wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta untuk mengirimkan orkes keroncong dari wilayah masing-masing.

Di markas Kodam IV Diponegoro telah berjajar tenda-tenda tentara di lapangan parade, tempat para anggota orkes keroncong bermalam.

Selain dari wilayah Jateng dan DIY, kelompok musik keroncong juga datang dari daerah lain, seperti Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali. Dijadwalkan, hadir pula untuk memeriahkan acara itu bintang musik keroncong Waldjinah serta Mus Mudjiono.  

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Artis Musik Keroncong Indonesia Iwan Krisna Setiadi mengapresiasi jambore keroncong yang pertama kalinya diadakan oleh tentara itu. Dia mengungkapkan, musisi keroncong di Indonesia membutuhkan wahana-wahana seperti itu untuk dapat tampil dan mendapat apresiasi dari masyarakat luas.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber KOMPAS
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X