Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ombudsman Laporkan Data Penipuan CPNS ke Mabes Polri

Kompas.com - 03/10/2013, 15:28 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ombudsman Republik Indonesia (ORI) perwakilan DIY-Jateng akan segera memberikan laporkan pengaduan penipuan dengan modus calon pegawai negeri sipil (CPNS) ke kantor ORI pusat, Kementerian Keuangan dan Markas Besar Polri. Tindakan ini sebagai wujud nyata yang dilakukan ORI menyikapi banyaknya laporan penipuan yang terjadi akhir-akhir ini.

"Memang ada rencana dari Mabes Polri untuk meminta keterangan ORI DIY terkait penipuan CPNS. Rencananya Minggu depan, namun pastinya kita belum tahu," jelas Ketua ORI DIY, Budhi Masthuri, Rabu (02/10/2013).

Ia mengungkapkan, pihaknya siap memberikan data-data laporan korban kepada Mabes Polri. Sehingga data tersebut bisa segera ditindak lanjuti dan gembong penipuan dengan modus CPNS yang telah menjerat banyak korban dapat diungkap.

Budhi Masthuri mengungkapkan, jika kasus penipuan dengan modus CPNS hanya ditangani jajaran Polres, maka yang terungkap hanya aktor-aktor di tinggat wilayah. Sedangkan aktor di tingkat wilayah itu juga korban penipuan. Sementara aktor di level atas tidak terjaring.

"Untuk mengungkap kasus ini tidak cukup hanya ditangani di level Polsek dan Polres. Karena kasus penipuan dengan modus CPNS dilakukan oleh sindikat lintas wilayah," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com