Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gardu Listrik Terbakar, Pelayanan KTP di Singkawang Terganggu

Kompas.com - 02/10/2013, 12:21 WIB
Kontributor Singkawang, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

SINGKAWANG, KOMPAS.com - Aktivitas pelayanan di kantor Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Singkawang terhenti. Kantor yang terletak di Jalan Dr Sutomo Singkawang tersebut mendadak heboh karena gardu listrik yang berada di dekat kantor tersebut terbakar, Rabu (2/10/2013) sekitar pukul 10.30 siang.

Terbakarnya gardu listrik tersebut sontak membuat pegawai dan sejumlah warga yang berada di kantor tersebut berhamburan keluar. Seorang warga, Yuli (54) mengaku menyaksikan terbakarnya kabel di gardu listrik tersebut. Yuli mengatakan, saat itu dirinya hendak menuju tempat fotokopi yang berada di dekat kantor tersebut.

"Api tiba-tiba keluar dari kabel listrik, saya pun kaget. Apinya memang besar, tapi ndak sempat meledak gardunya," ujar Yuli, Rabu (2/10/2013).

Kepala Subag Keuangan Disdukcapil, Ariadi mengakui, aktivitas pelayanan pembuatan KTP dan pengurusan berkas lainnya menjadi terhenti. Operator tidak bisa beroperasi karena aliran listrik terputus.

"Pelayanan e-KTP terpaksa dihentikan, kawan-kawan masih menunggu, padahal pelayanan setiap detik," tukas Ariadi.

Sewaktu kejadian, Ariadi menambahkan, pihaknya langsung menghubungi Perusahaan Listrik Negara (PLN). Beberapa pegawai juga bersiap menyelamatkan berkas dan barang-barang penting lainnya.

"Tadi kalau sempat merembet ke kantor, mereka sudah siap, itu dokumen negara, jadi harus diselamatkan," kata Ariadi.

Hingga Rabu siang, aktivitas pelayanan hanya sebatas pendaftaran karena listrik padam. Petugas teknis dari PLN tampak sedang memperbaiki instalasi di gardu tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com