Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Bengkulu Waspada Puting Beliung Susulan

Kompas.com - 30/09/2013, 16:27 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Provinsi Bengkulu (BMKG Bengkulu) mengingatkan warga di kawasan tersebut untuk waspada terhadap kemungkinan angin puting beliung yang sempat merusak delapan rumah warga pada Minggu (29/9/2013) dapat terjadi kembali dalam dua hari.

"Cuaca Bengkulu sampai dengan 2 Oktober 2013 masih dalam keadaan ekstrem. Kemungkinan angin badai akan terjadi di tempat yang sama, khususnya di pesisir pantai Bengkulu," kata Prakirawan BMKG Bengkulu, Rosidah, Senin (30/9/2013).

Ia melanjutkan, angin yang berputar-putar itu disebabkan oleh awan kumulus tinggi yang menggumpal dan menggelayut. Pemanasan suhu permukaan laut juga memicu awan menggumpal dan menghasilkan angin kencang yang berputar atau udara labil.

Selain angin badai berpeluang muncul, fenomena ini menyebabkan gelombang laut Bengkulu meninggi 2,5 meter hingga 3 meter, serta angin berembus dari timur laut ke barat daya dengan kecepatan 36 km per jam.

Ia juga mengingatkan kepada para pengguna jasa laut dan nelayan untuk waspada terhadap gelombang tinggi dan angin yang kencang.

Sebelumnya, Minggu (29/9/2013), badai angin kencang menyapu 8 rumah warga di Kota Bengkulu. Puluhan orang pun memperbaiki rumah karena atap dan fondasi terlepas akibat kencangnya angin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com