Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekeringan, Puluhan Hektar Sawah Terancam Gagal Panen

Kompas.com - 27/09/2013, 07:16 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE,— KOMPAS.com  Karena kekeringan, ratusan hektar sawah tadah hujan di Lemoe, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, terancam gagal panen. Sementara satu-satunya sungai kecil sebagai pembantu pengairan juga kering. Petani hanya bisa pasrah.

Sudah dua bulan, hujan di Kota Parepare ini tak juga kunjung turun. Akibatnya, ratusan hektar sawah tadah hujan di Lemoe kekeringan. Padi di kawasan ini menguning bukan karena siap dipanen, melainkan karena terik matahari yang panas.

"Puluhan hektar yang saya garap terancam gagal panen, padi yang tertanam sejak satu bulan terakhir ini sudah mulai berwarna kuning karena kering," kata Laja, salah seorang petani di Lemoe, saat membersihkan sawahnya yang kering, Kamis (26/9/2013).

Kondisi ini membuat para petani resah. Selain hujan tak kunjung turun, bantuan dan solusi dari pemerintah pun tak juga tiba. Akhirnya, para petani hanya beraktivitas membersihkan rumput yang tumbuh di sela tanaman padinya.

Terpisah, Kepala Dinas PKPK Kota Parepare, Damila Husain, melalui telepon selulernya, justru mengaku tak tahu ada sawah kekeringan di wilayah kerjanya. Dia malah berujar, "Belum ada musim tanam pada bulan ini."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com