Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan Warga Jember Gagal Berangkat Haji

Kompas.com - 25/09/2013, 22:02 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Sebanyak 8 orang jemaah calon haji asal Kabupaten Jember, Jawa Timur dipastikan gagal berangkat untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

"Mereka yang berangkat karena faktor kesehatannya yang tidak memungkinkan. Hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember, Rosidi, Rabu (25/9/13).

Selain karena faktor kesehatan, ada juga CJH yang meninggal dunia. "Saya baru dapat laporan, nanti saya pastikan lagi. Sebelum berangkat ke Tanah Suci, sudah diketahui berapa jumlah yang gagal berangkat baik karena faktor kesehatan maupun meninggal dunia. Sebab data itu bisa saja bertambah," katanya.

Rosidi menambahkan, untuk jemaah calon haji Jember yang masuk kategori berisiko tinggi jumlahnya mencapai 532 orang. Rata- rata usia mereka sudah di atas 50 tahun dengan berbagai jenis penyakit.

"Mereka yang masuk kategori beresiko tinggi, akan mendapatkan perhatian khusus dari tim medis kami," katanya.

Sesuai data dari Kantor Kementerian Agama Jember, jumlah total jemaah calon haji mencapai 2.092 orang. Mereka tergabung di lima kelompok terbang (kloter), yakni 59, 60, 61, 62, dan 63, yang akan diberangkatkan pada tanggal 6-7 Oktober mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com