Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Buruh Longmarch, Pantura Demak Macet

Kompas.com - 24/09/2013, 10:09 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com - Ribuan buruh dari berbagai organisasi di Demak kembali berunjuk rasa meminta upah layak, dengan melakukan aksi longmarch menuju Pendopo kabupaten Demak, Selasa (24/9/2013).

Para Buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Demak atau GEBRAK ini, mengawali aksinya dari batas kota Demak. Mereka berkumpul di Sekretariat FSPMI Demak (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia) di Desa Sriwulan, Kecamatan Sayung, sejak pukul 07.00 WIB.

Kemudian massa buruh melakukan longmarch menuju Pendopo Demak sekitar pukul 08.15, dengan kawalan ketat polisi. Aksi ini mengakibatkan jalur pantura mengalami kemacetan, terutama dari arah Semarang menuju Demak, karena massa buruh menutup badan jalan.

Dalam aksi hari ini, tuntutan para buruh masih sama, yakni kenaikan upah minimum kabupaten. Jika sebelumnya mereka memintanya sebesar Rp 2,47 juta, kali ini menuntut Rp 2,1 juta. “Bupati harus mendengarkan suara kami, agar upah di kabupaten Demak tahun 2014 menjadi upah yang layak bagi semua pekerja atau buruh," kata Agus Makmun, Koordinator Aksi.

Selain berorasi, para buruh juga membawa sejumlah atribut aksi unjuk rasa, seperti spanduk, bendera, dan poster. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com