Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden SBY Beri Nama Tol Bali, "Bali Mandara"

Kompas.com - 23/09/2013, 21:58 WIB
Kontributor Bali, Muhammad Hasanudin

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com — Meski mendapat masukan sejumlah usulan nama pahlawan dan seniman besar, Presiden SBY yang diberi kehormatan memberikan nama jalan tol di atas perairan Bali memiliki pilihan sendiri. Setelah meresmikan tol, Presiden SBY langsung diminta untuk memberikan nama bagi tol pertama di Indonesia yang terletak di atas laut ini.

"Dengan terlebih dahulu memohon rida Tuhan yang Maha Kuasa serta mengucapkan Bismillahirahmanirahim, Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa yang selanjutnya saya sebut dengan Bali Mandara," ujar Presiden SBY yang disambut riuh pengunjung yang hadir.

"Yang bermakna Bali yang agung dan juga Bali yang maju, aman, damai, dan sejahtera dengan resmi saya nyatakan dimulai penggunaannya," ucap SBY.

Bali Mandara adalah jargon politik Made Mangku Pastika saat berkampanye sebagai Gubernur Bali pada 2008 dan 2013 ini. Konsep Bali Mandara yang berarti Bali maju, aman, damai, dan sejahtera terbukti ampuh mengantarkan Pastika duduk sebagai Gubernur untuk dua periode.

Seperti diberitakan, Presiden SBY secara resmi membuka Jalan Tol Bali Mandara, Senin (23/9/2013) sore tadi. Presiden SBY langsung mencoba jalan tol dan membayar dengan electronic toll card.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com