Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesuji, Daerah Tertinggi Penyalahgunaan Senjata Api

Kompas.com - 23/09/2013, 20:25 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis


BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Lampung mengungkapkan Kabupaten Mesuji menjadi daerah tertinggi dalam penyalahgunaan senjata di provinsi tersebut.

"Hasil ungkap kasus operasi curat, curas dan curanmor, senjata rakitan banyak diperjualbelikan di Kabupaten Mesuji," kata Kapolda Lampung, Brigjen Heru Winarko, Senin (23/09/2013).

Daerah tersebut, menurutnya, berdekatan dengan OKU, Sumatera Selatan tempat produksi senjata terbesar. "Kami bekerjasama dengan Polda Sumsel untuk mengambil langkah-langkah dengan mengaktifkan Babinkantibmas bersama TNI dan pemda agar menindak warga yang membuat senjata rakitan," ujarnya.

Selama bulan September, Polda Lampung beserta jajarannya mengamankan 84 unit senjata api dan 65 butir peluru. Terbanyak penyalahgunaan senjata api itu berada di wilayah Mesuji.

Lebih lanjut ia mengatakan, senjata tersebut digunakan untuk melakukan kejahatan pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian kendaraa bermotor (curanmor) di wilayah Hukum Polda Lampung.

"Tingginya penggunaan senjata di Lampung karena wilayah ini sangat terbuka, namun lemah di tingkat pengawasan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com