Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden SBY Resmikan Jalan Tol Pertama di Atas Laut

Kompas.com - 23/09/2013, 20:09 WIB
Kontributor Bali, Muhammad Hasanudin

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com
 — Setelah sempat tertunda, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya meresmikan jalan tol pertama di Indonesia yang dibangun di atas perairan Teluk Benoa, Nusa Dua, Bali, Senin (23/9/2013) sore tadi.

Jalan tol yang menghubungkan Pelabuhan Benoa-Bandara Ngurah Rai-Nusa Dua ini juga merupakan jalan tol pertama di Bali. Pembangunan jalan tol sepanjang 10 kilometer ini memakan waktu 14 bulan. Presiden SBY menyampaikan apresiasinya terhadap semua putra bangsa yang terlibat dalam pembangunan jalan tol ini.

"Jalan tol ini menjadi tonggak sejarah baru dalam pembangunan konstruksi prasarana perhubungan di tanah air kita, sebuah mahakarya anak bangsa dalam pembangunan infrastruktur yang membanggakan," ujar Presiden SBY dalam pidatonya.

"Jalan tol 12,7 kilometer ini merupakan yang pertama di Bali dan jalan tol pertama di Indonesia yang melintas di atas laut," kata Presiden SBY dalam akun Twitter-nya, @SBYudhoyono. Presiden memberi nama tol ini Bali Mandara.

Jalan tol yang indah dan megah ini menghabiskan dana hingga Rp 2,4 triliun. Tak hanya kendaraan roda empat, jalan tol ini juga memiliki jalur untuk kendaraan roda dua. Pemerintah menetapkan tarif Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 4.000 untuk kendaraan roda dua. Setelah meresmikan jalan tol, Presiden SBY langsung mencobanya dan membayar sendiri menggunakan electronic toll card.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com