Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rehabilitasi 150 Rumah Warga Miskin Habiskan Rp 1,5 Miliar

Kompas.com - 20/09/2013, 11:52 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Misrani tersenyum lebar di depan rumahnya. Kepada Kompas.com, Jumat (20/9/2013), di mengaku senang setelah rumahnya direhabilitasi.

"Uangnya dibelikan bahan baku, terus yang bangun rumahnya tetangga-tetangga sekitar sini. Kerja bakti. Gantian karena ada sekitar empat rumah yang juga direhab di sekitar sini," ungkap Misrani yang kini menginjak usia 63 tahun.

Rumah Misrani adalah salah satu dari 150 rumah warga miskin yang mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Total anggaran yang dikucurkan sebanyak Rp 1,5 miliar. Masing-masing rumah mendapatkan anggaran Rp 10 juta.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjelaskan, bantuan tersebut sudah diberikan sejak Agustus 2013. "Bantuan bedah kampung rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni, bantuan Kementerian Sosial ini ditargetkan selesai akhir tahun ini. Karena untuk pembangunannya diserahkan kepada masyarakat secara swadaya," kata Azwar.

Ada delapan kecamatan di wilayah Banyuwangi yang mendapatkan bantuan yakni Kecamatan Muncar sebanyak 10 rumah, Glagah 60 rumah, Wongsorejo 10 rumah. Kecamatan Kabat 20 rumah, Sempu, Glenmore, Singojuruh, dan Rogojampi masing-masing 10 rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com