Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Buat Sketsa Wajah Perampok Toko Emas di Medan

Kompas.com - 18/09/2013, 16:27 WIB
Dani Prabowo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi tengah merekonstruksi sketsa wajah enam orang perampok tiga toko emas di Pasar Baru, Jalan Pasar VII, Kecamatan Percut Sei Tuan, Medan, Sumatera Utara, Selasa (17/9/2013) pagi. Kepala Bagian Penerangan Satuan Humas Polri Kombes Pol Rana SP mengatakan, sebanyak enam orang saksi telah diperiksa guna mencari tahu gambaran pelaku. Enam saksi yang diperiksa, tiga di antaranya adalah korban dan tiga lainnya warga yang berada di sekitar lokasi kejadian.

"Menindaklanjuti kejadian ini, kami tengah membuat sketsa wajah pelaku dan mengumpulkan saksi-saksi lainnya," kata Rana di Mabes Polri, Rabu (18/9/2013).

Rana mengatakan, saat melancarkan aksinya, keenam pelaku menggunakan tiga unit sepeda motor tanpa dilengkapi nomor polisi. Jenis sepeda motor yang digunakan yaitu Honda Revo warna hitam merah, Yamaha Mio, dan Suzuki Shogun.

Sementara itu, dari keterangan saksi didapati ciri-ciri pelaku yang melakukan perampokan di Toko Emas Semi J milik Junaedi. Salah satunya menggunakan celana ponggol hitam, kaos warna coklat, rambut lurus, serta tangan kanan luka karena terkena pecahan etalase.

"Satu pelaku lainnya diketahui memerintahkan korban yang berjaga di toko tersebut untuk jongkok," katanya.

Sedangkan dua pelaku perampokan di Toko Permata Indah milik Ali Basyir, salah satunya diketahui memiliki rambut lurus, mengenakan jaket warna abu-abu dan membawa senjata api. Satu pelaku lainnya yang mengambil emas hanya diketahui menaruh emas yang dibawanya ke dalam tas putih.

"Untuk Toko Emas P Tarigan, diketahui ciri-ciri pelaku menggunakan topi hitam, kumis tipis, kulit sawo matang, perawakan sedang dengan tinggi badan sekitar 165 sentimeter, dan menggunakan jaket warna gelap," papar Rana.

Ia menambahkan, dari hasil olah tempat kejadian perkara yang dilakukan Tim Laboratorium Forensik Polda Sumatera Utara, ditemukan dua proyektil dan satu selongsong peluru, serta satu per magasin. Selain itu, tim juga mengamankan sisa tetesan darah yang menempel di kaca steling (etalase) yang dipecahkan pelaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com