Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Siswi dan 1 Guru SMK di Situbondo Kesurupan

Kompas.com - 17/09/2013, 18:50 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis


SITUBONDO, KOMPAS.com — Sebanyak 30 siswi SMK Negeri 1 Kendit, Situbondo, Jawa Timur, mengalami kesurupan massal di halaman sekolah, Selasa (17/9/2013). Mereka ambruk sembari berteriak histeris saat akan mengikuti peringatan hari ulang tahun (HUT) kedelapan sekolah.

Selain itu, seorang guru mata pelajaran Akuntansi, Isbandiyah, juga kesurupan. Guru perempuan berkerudung ini tiba-tiba ambruk dan berteriak histeris. Karena dikhawatirkan jumlah pelajar yang kesurupan akan terus bertambah, pihak sekolah langsung memulangkan para siswanya lebih awal sebelum peringatan ulang tahun sekolah digelar.

"Kami terpaksa memulangkan para siswa lebih awal karena dikhawatirkan siswa kesurupan bertambah, jika mereka tetap ada di sekolah. Meski demikian, kami tetap melaksanakan peringatan HUT kedelapan,” kata Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMKN 1 Kendit, R Saidi.

Peristiwa itu terjadi seusai siswa mengikuti upacara peringatan HUT kedelapan sekolah. Awalnya, hanya dua siswi yang tiba-tiba ambruk dan berteriak histeris. Namun, dalam hitungan menit, kesurupan terus meluas ke siswi lain yang bersiap mengikuti mata pelajaran, hingga mencapai lebih dari 30 siswi.

"Sekitar 30 pelajar yang mengalami kesurupan, sebetulnya di sekolah sering terjadi siswi yang mengalami kesurupan. Namun, hari ini paling banyak siswi yang mengalami kesurupan secara  bergantian," terang Ferdi (17), salah seorang siswa.

Pihak sekolah kemudian mendatangkan paranormal. Satu per satu siswi yang kesurupan disadarkan. Sang guru yang ikut kesurupan juga sadar setelah acara doa bersama selesai.

"Kejadian kesurupan seperti ini sebagai bentuk reaksi alam. Itu terjadi karena lokasi sekolah ini dulunya berupa areal persawahan," kata H Kamil, sang paranormal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com