Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digugat Khofifah, Soekarwo Santai

Kompas.com - 11/09/2013, 19:22 WIB
Sandro Gatra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengaku menyambut baik langkah rivalnya pada Pemilihan Gubernur Jatim, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman Surjadi Sumawiredja, yang menggugat hasil Pilgub Jatim ke Mahkamah Konstitusi.

Meski demikian, Soekarwo yakin gugatan itu tidak akan mengubah hasil Pilgub. "Saya kira kalau masalah jalur hukum, bagus. Hanya datanya, 71.000 sekian TPS tidak ada saksi yang keberatan," kata Soekarwo yang ditemui sebelum acara Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (11/9/2013) malam.

Namun, Seokarwo enggan berkomentar lebih jauh. Ia langsung masuk ke dalam hotel.

Seperti diberitakan, pihak Khofifah-Herman menuding ada kecurangan sistematis dalam penyelenggaraan Pilgub Jatim. Mereka meminta MK mendiskualifikasi pasangan Soekarwo-Saifullah (Karsa) dengan alasan memperoleh suara dengan tidak sah. Pasangan Karsa disebut menggunakan uang negara untuk pemenangan.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Jatim, pasangan Khofifah-Herman mendapat 37,62 persen suara, di bawah pasangan Soekarwo-Saifullah dengan 47,25 persen suara. Adapun pasangan Eggi Sudjana-M Sihat mendapat 2,44 persen dan pasangan Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah mendapat 12,69 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com