Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prihatin Kondisi Suriah, Mahasiswa Manado Tidur di Jalan

Kompas.com - 09/09/2013, 20:59 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com
 — Sejumlah mahasiswa dari beberapa organisasi di Manado, Sulawesi Utara, menggelar demo menyampaikan keprihatinan terhadap perang saudara di Suriah, Senin (9/9/2013).

Para mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sulut dan Liga Mahasiswa Nasional Demokrat (LMND) Sulut ini berdemonstrasi sambil tidur di tepi jalan umum.

Aksi itu menarik perhatian pengguna jalan yang melintas di ruas Jalan Boulevard, tepatnya di depan Mega Mall Manado. Aksi serupa juga digelar di kawasan Bahu Mall tepatnya di pertigaan patung pahlawan nasional.

Letua LMND Sulut, Faisal Faih, mengatakan kepada Kompas.com bahwa sudah seharusnya mereka melakukan aksi ini untuk mengingatkan bangsa Indonesia mengenai perdamaian dunia.

"Perdamaian dunia itu telah diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar negara kita. Lagipula Suriah merupakan salah satu negara yang waktu itu segera mengakui kemerdekaan Indonesia," ujar Faisal.

Selain berbaring di aspal, para pendemo juga melakukan aksi menutup mulut dengan plester berwarna hitam. Hal itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas menolak imprealisme baru yang bisa saja terjadi di Suriah.

"Jika hal itu terjadi, dampaknya akan sangat terasa bagi negara Indonesia. Suriah merupakan salah satu penghasil minyak terbesar di dunia. Jika krisis ini akan berlanjut kami khawatir harga bahan bakar minyak kita akan semakin mahal," jelas Faisal.

Faisal berharap warga Manado bisa ikut prihatian dengan krisis di Suriah tersebut. Sebab menurutnya masalah Suriah juga merupakan masalah bersama bangsa Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com