Pasangan Imdaad-Ipong Adalah Cagub-Cawagub Kaltim Paling Kaya - Kompas.com

Pasangan Imdaad-Ipong Adalah Cagub-Cawagub Kaltim Paling Kaya

Kompas.com - 08/09/2013, 01:31 WIB
KOMPAS.com/YOVANDA NONI Petugas KPU Samarinda memperlihatkan proses penyortiran surat suara
SAMARINDA, KOMPAS.com - Pasangan nomor urut tiga dalam pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, Imdaad Hamid dan Ipong Muchlissoni, merupakan pasangan dengan harta kekayaan terbanyak dibandingkan dua pasangan lain.

Hal itu didapati dari laporan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kaltim pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim.

Laporan KPK itu dikirimkan lewat surat, tertanggal 6 September 2013 nomor B2191/12/09/2012 tentang pengumuman harta kekayaan tiga kandidat cagub dan cawagub Kaltim.

Menurut laporkan KPK, kekayaan Ipong mencapai Rp. 23 miliar dan Imdaad Rp 5 Miliar.

Ketua KPU Kaltim Andi Sunandar mengatakan, rekapitulasi harta kekayaan tersebut adalah laporan yang sebenar-benarnya dari KPK.  Total seluruh kekayaan dihitung sesuai pendataan yang dilakukan KPK.

“Apa yang menjadi hasil tentang kekayaan ini, merupakan hasil dari KPK. bukan dari KPU Kaltim,” kata Andi kepada wartawan di Hotel Mesra, Samarinda, Sabtu (7/9/2013) pukul 23.00 Wita seusai gelaran debat kandidat Pilgub Kaltim.

Andi menambahkan perhitungan harta kekayaan ini, sudah mencakup semua harta baik benda bergerak maupun tidak bergerak.

“Daftar kekayaan para kandidat pilgub ini sudah termasuk semuanya, termasuk piutangnya,” pungkasnya.

Masih dari laporan KPK, pasangan Awang Faroek Ishak miliki kekayaan sekitar Rp 4,8 miliar dan 293 dolar USD dan pasangannya Mukmin Faisal hanya memiliki kekayaan sekitar Rp 1,56 miliar.

Sementaraitu, calon gubernur Farid Wadjdy memiliki kekayaan Rp. 1,6 Miliar dan pasangannya Aji Sofyan Alex Rp. 1,96 Miliar.


EditorErvan Hardoko

Close Ads X