Darurat Sampah, Komunitas di Garut Bersatu Bersihkan Alun-alun

Kompas.com - 07/09/2013, 11:06 WIB
Komunitas Garut Bersatu membersihkan sampah di kawasan Alun-laun Garut, Sabtu (7/9/2013) siang. KOMPAS.com / Syahrul MunirKomunitas Garut Bersatu membersihkan sampah di kawasan Alun-laun Garut, Sabtu (7/9/2013) siang.
|
EditorGlori K. Wadrianto
GARUT, KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa kota Garut dalam beberapa tahun terakhir menghadapi masalah sampah yang serius. Akibat kurangnya petugas dan armada dan sarana prasarana, sampah banyak menumpuk dimana-mana dan tidak terangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Menyikapi fenomena tersebut, puluhan komunitas hobbies yang tergabung dalam Komunitas Garut Bersatu (KGB) menggelar aksi pungut sampah di kawasan alun-alun kota Garut, Sabtu (7/9/2013) siang.

"Aksi ini merupakan akumulasi kekecewaan dan bagian dari keprihatinan warga Garut terhadap persoalan sampah. Sepertinya tidak ada elite yang peduli" kata Aris Karisma, kordinator lapangan KGB.

Berbekal sapu lidi dan kantong plastik, puluhan anggota KGB dari berbagai komunitas itu memunguti sampah disekitar alun-alun Garut. Tidak hanya sampah plastik dan daun-daunan, mereka juga ikut mencabuti poster dan baliho calon bupati yang seharusnya tidak boleh terpasang selama masa tenang menjelang pemungutan suara hari minggu besok.


"Kami ada 36 komunitas, seperti seperti Kaskuser, Hijabers sister, J-Rock Star, Brigdance, Hiphop, Magicion, ilution, fotografi. Sebelumnya kami juga ikut membersihkan baliho-baliho calon bupati," terangnya.

Penumpukan sampah terlihat terjadi di sepanjang Jalan Otista dan kawasan oleh-oleh Garut di Tarogong Kaler hingga tugu batas kota. Banyak sampah menumpuk di mulut-mulut gang hingga sore hari, sehingga mengundang lalat dan menebar bau busuk. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X