Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

600 Undangan Hadiri Penetapan Pemenang Pilgub Jatim

Kompas.com - 06/09/2013, 19:08 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Enam ratus tokoh dan pejabat Jawa Timur akan menyaksikan sidang  pleno rekapitulasi suara manual tingkat provinsi dan penetapan pemenang Pemilihan Gubernur Jatim di Hotel Shangri-La Surabaya, Sabtu (7/9/2013).

Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis Pelaksanaan Pemilu Agus Mahfudz Fauzi mengatakan, di antara yang diundang adalah empat pasang peserta Pilgub Jatim, yakni Soekarwo-Saifullah Yusuf, Eggi Sudjana-M Sihat, Bambang DH-Said Abdullah, dan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja, beserta tim sukses atau pemenangan.

Selain itu, KPU juga mengundang pimpinan partai politik, Forum Pimpinan Daerah (Forpinda) Jatim, Bawaslu Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, Panwaslu Kabupaten/Kota, organisasi kemasyarakatan dan organisasi kepemudaan dan berbagai eleman masyarakat lain. "Undangan untuk 600 orang tersebut kemarin sudah kita sebar, termasuk empat pasangan calon," jelasnya.

Menurut Agus, secara teknis proses rekapitulasi manual adalah sidang pleno yang dipimpin lima komisioner KPU Jatim. Dalam sidang itu, KPU Kabupaten/Kota membacakan hasil Pilgub Jatim di Formulir DC1 beserta lampirannya. Nanti tim sekretariat akan menulis dan mencatat apa yang dibacakan oleh Ketua KPU Kabupaten/Kota dan disalin ke Formulir DP1 berserta lampirannya.

“Kotak suara yang saat ini ada di Kantor KPU Jatim Sabtu pagi akan dibawa ke lokasi sidang pleno dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian,” kata Agus.

Sidang pleno rekapitulasi suara manual tingkat provinsi di Hotel Shangrila, mulai pukul 09.00 sampai 13.00 WIB. Namun KPU memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk proses rekapitulasi sekitar 3 jam. Ini berdasar hasil simulasi penghitungan suara yang dilakukan di Sekretariat Kantor KPU Jatim, Jumat (6/9/2013). (uji)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com