Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Bangun Pembangkit Biomassa di Papua Barat

Kompas.com - 06/09/2013, 14:39 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Prima Layanan Nasional Enjiniring (PT PLN Enjiniring), anak perusahaan PLN, akan membangun pembangkit listrik berbahan bakar biomassa untuk memenuhi penyediaan listrik dan energi panas (heat).

Hal ini terkait rencana Perusahaan Umum (Perum) Perhutani untuk membangun pabrik pengolahan sagu di Distrik Kais, Sorong Selatan, Papua Barat.

Demikian nota kesepahaman penyediaan tenaga listrik dan panas untuk pabrik sagu di Distrik Kais Sorong Selatan, Papua Barat, yang ditandatangani Direktur Utama Perum Perhutani, Bambang Sukmananto dan Direktur Utama PT PLN Nur Pamudji, pada Jumat (6/9/2013), di Jakarta.

Nota kesepahaman itu merupakan kesepakatan awal untuk melaksanakan kerja sama dalam penyediaan tenaga listrik dan energi panas untuk kebutuhan pabrik pengolahan sagu milik Perum Perhutani yang akan dibangun di Distrik Kasi, Sorong Selatan, Papua Barat.

Oleh karena itu, nota kesepahaman ini tidak bersifat mengikat secara hukum dan bersifat non eksklusif.

Dalam pembangunan pembangkit listrik berbahan bakar biomassa ini, pihak Perum Perhutani akan membeli energi listrik dan energi panas yang diproduksi pembangkit listrik milik PLN.

Perum Perhutani juga akan menyediakan lahan atau tanah untuk pembangunan pembangkit serta menyediakan bahan bakar biomassa untuk kebutuhan pembangkit secara berkesinambungan dalam jumlah dan mutu memadai. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com