Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suger Group Halangi Pembangunan Transmisi 150kV Listrik Jalur Timur Lampung?

Kompas.com - 06/09/2013, 14:23 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Pembangunan transmisi listrik lajur Jalur Timur Lampung 150 kV terhambat pembebasan lahan perkebunan PT Suger Group.

"Transmisi dari sistem Sumbagsel, jika itu terealisasi, sebenarnya mampu memperkuat sistem kelistrikan di Lampung sebesar 200 MW," kata General Manager PT PLN Wilayah Lampung I Made Artha, di Bandarlampung, Jumat (6/9/2013).

Selain itu, jaringan transmisi Lintas Timur ini juga mampu mengantisipasi ganggungan atau pemeliharaan pada transmisi 150 kV jalur Batu Raja-Bukit Kemuning Lampung.

Menurut Artha, pembangunan jaringan transmisi jalur Timur melalui Mariana Kayu-Gumawang Menggala-Seputih Banyak.

"Pembangunan baru terhenti sampai Gumawang-Menggala, karena terkendala pembebasan lahan pabrik gula, mereka tidak mau membebaskan lahannya," ujar Artha.

Jaringan transmisi Lintas Timur terlaksana sejak tahun 2011 ditargetkan beroperasi tahun 2016, dengan rencana kerja pembangunan tiga tahun tidak termasuk kendala pembebasan lahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com