Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpencil, Logistik Pilgub Kaltim ke Utara Dikirim Pakai Pesawat

Kompas.com - 06/09/2013, 09:48 WIB
Kontributor Samarinda, Yovanda Noni

Penulis

SAMARIDA, KOMPAS.com - Meski Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur di wilayah Kalimantan Utara masih menjadi kontroversi, namun KPUD Nunukan tetap melakukan persiapan menjelang pencoblosan yang hanya tersisa 4 hari lagi.

Beberapa hari ini, KPUD sibuk menangani distribusi logistik Pilgub ke 15 kecamatan di Nunukan. Akibat kondisi yang jauh, pengiriman semua logistik termasuk surat suara menggunakan pesawat.

“Untuk pergeseran logistik ke kecamatan sudah dilakukan sejak 4 September lalu. Untuk Kecamatan Krayan dan Krayan selatan kita gunakan pesawat MAV jenis vilatus, karena memang menuju dua kecamatan itu harus menggunakan pesawat,” ujar Ketua KPUD Nunukan Muhammad Sain, Jumat (6/9/2013).

Lalu, dengan berat logistik mencapai 1 ton, maka penerbangan logistik dilakukan dua kali. Hal ini terkait daya angkut pesawat, yang hanya mampu memuat 550 kilogram setiap penerbangan.

Kondisi itu membuat pesawat harus mengangkut selain logistik, yakni satu orang staf dari KPUD dan seorang pengamanan dari kepolisian.

Selanjutnya, untuk distribusi ke PPK Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan menggunakan transportasi mobil truk. Sementara kecamatan lain di Sebatik, Seimenggararis, Sebuku, Sembakung, Lumbis, Lumbis Ogong dan Tulin Onsoi menggunakan kapal dan truk karena melalui jalur laut.

Terpisah, ketua KPU Kaltim Andi Sunandar mengatakan jika proses pengiriman logistik sudah kelar sampai 95 persen. Semua berjalan lancar, dan diawasi langsung oleh jajaran pengawas dari Polda Kaltim.

"Semua surat suara yang rusak lagsung diganti. Pengiriman juga selalu diawasi, jadi dipastikan aman. Doakan supaya lancar sampai pada saat Pilgub mendatang," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com