Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soekarwo Unggul di 32 Kecamatan di Kabupaten Malang

Kompas.com - 04/09/2013, 15:58 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com - Pasangan calon petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) unggul dalam perolehan suara di 32 kecamatan di Kabupaten Malang, berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Rapat pleno rekapitulasi suara tersebut dilakukan di pendapa Kabupaten Malang, Rabu (4/9/2013).

Rapat tersebut dihadiri saksi dari tiga pasangan calon, yakni pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa), pasangan Khofifah-Herman (Berkah) dan Bambang-Said Abdullah (Bangsa). Saksi yang tidak hadir hanya dari pasangan Eggi Sudjana-M Sihat.

Menurut hasil rekapitulasi suara tersebut, pasangan Khofifah-Herman hanya unggul di Kecamatan Gondanglegi.

Dari total 1.108.383 suara sah, pasangan Soekarwo-Saifullah meraup 563.562 suara, pasangan Eggi-Sihat mendapatkan 35.314 suara, pasangan Bambang-Said memperoleh 126.584 suara, dan pasangan Khofifah-Herman mendapatkan 382.923 suara.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Malang Abdul Halik, mengatakan dari saksi dari pasangan calon tidak ada yang merasa keberatan. "Begitu juga untuk Panwaslu Kabupaten. Sebelumnya ada keberatan, tapi bisa diselesaikan. Keberatan hanya salah hitung," akunya.

Holik menambahkan, tingkat partisipasi warga di Kabupaten Malang mencapai 55-70 persen. "Tidak hadir kurang lebih 40 persen. Yang tidak hadir, mungkin karena faktor tidak dekat dengan semua calon. Tidak memiliki ikatan emosianal," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com