Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Siswa SMKN I Kolaka Kesurupan

Kompas.com - 03/09/2013, 10:51 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com - Pagi ini, Selasa (3/9/2013), ada pemandangan yang berbeda di SMKN 1 Kolaka, Sulawesi Tenggara. Suasana sekolah ini berubah gaduh akibat puluhan siswanya mengalami kesurupan.

Terlihat banyak dari mereka yang menangis histersis, bahkan sebagian lainnya pingsan dan berbicara tidak pantas. Mereka kesurupan saat masuk kesekolah.

Menurut salah satu guru di sekolah tersebut, Titin, kesurupan para siswa ini ada kaitannya dengan perbaikan salah satu gedung sekolah. Pasalnya, gedung yang kini dibenahi tersebut merupakan bekas kuburan tua.

“Memang ada kaitannya juga kalau kita lihat dengan diperbaikinya itu gedung yang di samping. Di sini dulu kan itu penguburan tua dan tiba-tiba tadi itu anak-anak kesurupan. Beberapa hari yang lalu juga banyak siswa kami yang kesurupan,” kata Titin.

Namun, di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMKN 1 Kolaka Burhanuddin menegaskan, siswa yang jatuh pingsan lebih disebabkan karena fisik yang lemah.  “Jadi banyak juga yang pergi sekolah tidak sarapan terlebih dahulu makanya mereka pingsan,” tegas Burhanuddin.

SMKN 1 Kolaka memang dikenal sebagai sekolah yang kerap mengalami kesurupan. “Saya kan orang yang sudah lama tinggal di daerah ini. Memang sekolah itu dulunya kuburan. Tapi itu sudah lama sekali. Tidak serta merta juga kita harus katakan sekolah itu angker. Buktinya kan masih jadi sekolah favorit juga,” kata Sabri, warga sekitar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com