Kampanye Mewah Cagub Kaltim: Beri Hadiah Mobil hingga Umrah

Kompas.com - 02/09/2013, 22:14 WIB
Salah satu calon wakil Gubernur Kaltim 2013,menyalami para pedagang di Pasar Kuaro dan membagi-bagikan stiker KOMPAS.com/YOVANDA NONISalah satu calon wakil Gubernur Kaltim 2013,menyalami para pedagang di Pasar Kuaro dan membagi-bagikan stiker
|
EditorFarid Assifa

SAMARINDA, KOMPAS.com — Masa-masa kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Timur (Kaltim) terkesan jor-joran. Tak segan-segan, para kandidat menawarkan hadiah-hadiah mewah untuk menarik massa, dari paket umrah hingga kendaraan roda empat.

Kampanye terbuka pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kaltim nomor urut 3, Imdad Hamid dan Ipong Muchlisoni, misalnya. Kandidat jalur perseorangan ini menyediakan doorprize yang semuanya menyebut angka tiga, yakni tiga unit mobil Suzuki Ertiga, 33 sepeda motor, 333 pulsa, dan lainnya.

Ketua Timses Imdad-Ipong, Supriyana, mengatakan, kampanye hari terakhir bagi kandidat nomor tiga dilaksanakan di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Senin (2/9/2013). Masyarakat yang beruntung langsung dipersilakan memboyong hadiah tanpa syarat apa pun.

"Ini yang menyediakan panitia pelaksana. Semuanya memang menyebut angka 3, mewakili semangat kandidat nomor 3," ungkapnya.

Tak hanya doorprize, rencananya mereka juga akan menghadirkan juru kampanye nasional, yakni Prabowo Subianto dan Ahmad Muzani. Meski Prabowo adalah Ketua Umum DPP Gerindra dan Ahmad Muzani adalah Sekjennya, kehadiran keduanya bukan undangan atas nama partai. Pasangan ini, kata Supriyana, diusung melalui jalur independen sehingga kehadiran tokoh partai dianggap sebagai undangan atas nama pribadi.

"Kami mengundang beliau atas nama pribadi, bukan jabatannya di partai," katanya.

Kampanye mewah juga dilakukan kandidat nomor 2, pasangan Farid Wadjdy–Aji Sofyan Alex. Mereka akan melakukan kampanye monolog yang akan menghadirkan juru kampanye nasional (jurkamnas) Sekretaris Jenderal DPP PPP M Romahurmuziy. Pasangan ini memberikan hadiah dua paket umrah dan beberapa unit motor untuk para simpatisannya.

Menurut Ketua DPW PPP Kaltim Rusman Yakub, kandidatnya melaksanakan kampanye terbuka dengan tidak memobilisasi massa. Pihaknya mengundang secara terbuka masyarakat untuk hadir dalam kampanye tersebut.

"Hadiah ini disediakan juga berkat partisipasi masyarakat yang mendukung kami. Kami memperkirakan massa yang akan hadir 7.000 sampai 10.000 orang. Mereka tidak dimobilisasi, jadi datang memenuhi undangan untuk melihat kedua pasangan ini," jelasnya.

Menurutnya, kampanye pasangan ini lebih mengandalkan partisipasi publik. Masyarakat yang ingin menyaksikan pasangan ini menyampaikan visi dan misi dapat langsung hadir ke lokasi acara. Meski kampanye terbuka, pasangan ini tetap melaksanakannya di dalam gedung, yakni di gedung serbaguna, Kompleks GOR Madya Sempaja.

"Kami memilih kampanye terbuka di dalam ruangan karena yang kami utamakan adalah masalah keamanan. Tentu dari segi pengaturan jauh lebih efektif ketimbang kampanye outdoor," katanya.

Tidak jauh berbeda, kandidat nomor 1 pun melakukan hal yang sama. Mereka memanjakan para simpatisan dengan hiburan-hiburan menarik selain hadiah-hadiah mewah. Semua kandidat juga mendatangkan artis-artis ibu kota untuk menghibur dengan suara dan tarian.

Di tempat berbeda, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltim Haerul Akbar mengingatkan setiap kandidat untuk berhati-hati dalam memberikan sesuatu kepada masyarakat saat kampanye. Sebab, jika tidak berhati-hati, hal tersebut bisa masuk dalam tindak pidana pemilu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X